Organisasi Pelajar? Untuk Apa?

Oleh: Ahmad Naufa Khoirul Faizun*
Kebanyakan, seorang pelajar memiliki bakatnya tersendiri. Untuk itu, pelajar harus tetap menggali dan menumbuhkan bakatnya. Ada yang bakatnya di dalam kelas luar biasa hebatnya. Dia selalu mendapat nilai 9 koma, bahkan 10. Juara kelas pun selalu disabetnya. Tetapi, dalam pergaulan kadang kurang disenangi oleh teman-teman lain. Dengan demikian ilmunya pun kurang teramalkan, hanya sebatas formalitas nilai di raport.
Dan ada juga yang di dalam kelas dia kurang begitu menguasai pelajaran, tetapi temanya banyak, dandia disenangi banyak orang. Teman-temanya pun jika ada sesuatu minta pertimbangan dan saranya, sehingga lambat laun, dia peka terhadap keadaan dan lingkungan sosial dan mengantarkanya meraih sukses.
Jadi, kedua-duanya memang sangat perlu. Karena ke sekolah hakikatnya adalah belajar. Dan belajar tidak terbatas di sekolah, kampus, tempat kursus atau lainya. Dan kadang di sekolahpun banyak teman-teman kita yang hanya D-3 (datang, diam, duduk) saja tanpa ada target penguasaan materi. Ini bisa dimungkinkan karena mungkin fasilitas yang kurang mendukung, guru yang selalu mengulang-ulang materi hingga murid merasa bosan atau kadang guru judes yang seringkali menurunkan gairah belajar siswa. Akhirnya mereka pulang dengan tidak membawa apa-apa.
Untuk itu, belajar di Ekstra kurikuler, Organisasi, dan interaksi sosial itu sangat penting. Karena dengan menjadikanya sebagai hobi, kita belajar tanpa terasa terbebani. Seperti masuk organisasi pelajar, klub sepak bola, bulutangkis, kelompok jurnalis dll. Pokoknya yang positive coy…Siapa tau kita bisa mengubah hidup kita hanya dengan menyalurkan hobi. Bukankah Gus Dur, David Beckam, Taufik Hidayat, dan tokoh tokoh besar di bidangnya sukses dengan bekal talentanya yang selalu dipupuk dan dipupuk.

Jadi buat kamu yang belum gabung dengan organisasi, cepetan dech… gak bakalan rugi! Banyak hal yang kamu bisa belajar dari sana. Asalkan bukan organisasi terlarang dan menceng lho..jadi harus tetap selektif dalam memilih.

*tulisan ini saya buat ketika masih duduk di bangku 2 SMA.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: