Pergeseran Nilai dan Fungsi Masjid

Oleh Ahmad Naufa – 03 Okt. 2009
Pada awal islam, masjid menjadi pusat peradaban. Selain sebagai tempat beribadah, masjid juga sangat multifungsi; sebagai pusat studi dan kajian islam, tempat bermusyawarah, mencari keadilan kepada hakim dll. Maka, tak heran jika masjid pada waktu itu berperan sangat central sekali dalam penyebaran agama islam. Hal ini juga diikuti oleh penyebar-penyebar agama baik di semenanjung arabia, spanyol maupun asia yang menerapkan pembangunan masjid sebagai langkah awal dalam berdakwah.
Seiring dengan pergeseran zaman, masjid kini seakan berubah nilai dan fungsinya. Masjid yang dahulu begitu multifungsi, sekarang seakan hanya menjadi tempat untuk ritual saja, bahkan ironisnya pembangunan masjid yang megah seolah sebagai tempat “rekreasi” . Di akhir September 2009, penulis berkunjung ke Masjid Agung Jateng (MAJT) di Semarang. Masjid megah dan konon terbesar di Asia itu hari-harinya ramai dikunjungi masyarakat.
Namun, agak ironis nampaknya. Diantara ramainya orang berkunjung tersebut justru larut dalam foto-foto dan mungkin kagum akan bangunanya, sehingga tak sebanding dengan orang yang beribadah dalam masjid tersebut. Dengan kesimpulan, orang lebih tertarik untuk foto-foto daripada beribadah.
Realita tersebut sebenarnya tidak selamanya “buruk”. Walaupun demikian, Bangunan masjid yang megah tersebut jika dilihat dari perspektif yang berbeda juga memiliki nilai positif, diantaranya sebagai symbol kebesaran islam dan peradabanya. Selain itu, umat muslim juga akan semakin mantap untuk menjalani hidup sebagai khalifah di bumi dengan suatu kebanggaan tersendiri dalam beragama. Tetapi, substansi beribadah semestinya lebih di tingkatkan daripada hanya sekedar symbol.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: