Membudayakan Ngobrol Bermanfaat

Oleh: Ahmad Naufa Khoirul FZ.
Setiap hari di sekitar kita melihat suatu komunitas yang saling berkumpul entah itu di warung kopi, pinggir jembatan, kantin sekolah dll yang biasanya sekedar sharing atau membicarakan suatu hal yang sepele. Bahkan, kadang hanya membicarakan hal-hal yang sama sekali tidak penting. Hal yang demikian banyak terjadi dikalangan anak muda, yang justru menjadi tumpuan masa depan bangsa.
Tulisan ini tidak berarti penulis melarang membicarakan hal sepele atau canda tawa itu. Namun, hanya ingin mengatakan bahwa akan sangan baik sekali jika setiap ngobrol tersebut sedikit menyinggung tentang suatu permasalahan, baik tentang fenomena lingkungan sekitar, keislaman, kewirausahaan, kebangsaan atau issu yang sedang hangat. Dengan balutan humor dan suasana yang santai, ngobrol akan mengalir dengan sendirinya dan memperoleh manfaat.
Walau hal tersebut terkesan sepele, namun akan berpengaruh besar dalam kehidupan seseorang. Baik dari sisi pengetahuan, mental maupun budaya. Dan manfaat yang nantinya berpengaruh besar adalah budaya belajar dan berpikir di setiap kondisi tanpa membatasi waktu formal(sekolah). Karena pada realitanya, banyak hal dan kejadian disekitar kita yang kadang tidak disadari, merupakan suatu ilmu yang dibutuhkan diri kita.

Dengan membudayakan sharing tentang suatu hal di waktu santai, akan mengasah pengetahuan, pelan tapi pasti, akan membawa pengaruh positif bagi kehidupan.

Senin, 28 Maret 2010 di Gedung NU Purworejo

Iklan

2 thoughts on “Membudayakan Ngobrol Bermanfaat

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: