Nikmatnya “Buka” Bersama

Oleh: A Naufa Khoirul Faizun

Ada hal yang tidak kita dan bahkan banyak orang sadari tentang arti suatu kenikmatan yang dalam hal ini adalah makanan. Dalam mindset mainstream orang mungkin akan menyatakan bahwa kenikmatan makan bisa terjamin jika makanan yang dimakan berkualitas atau “high quality” semisal makanan impor, atau menu-menu yang menjadi lagganan pejabat di restoran mahal. Sehingga tak heran jika ada orang yang “tiba-tiba” punya uang hal yang dilakukan untuk memuaskan perut adalan membeli menu faforit atau yang mahal dan terkenal. Padahal, sebenarnya itu semua hanyalah egoism sesaat yang nikmat pada kulitnya saja.
Kenikmatan sejati adalah ketika kita lapar. Karena ketika kita lapar semua makanan akan terasa enak di lidah dan kenikmatan batin. Maka, sangatlah luar biasa sekali ajaran puasa dalam Islam yang seakan “menyadarkan “ hal itu kepada umat Islam. Hanya dengan meneguk air putih atau es the, tenggorokan yang kering berubah menjadi kesegaran yang menakjubkan. Lilitan perut lapar, seketika berubah menjadi kenikmatan ketika lidak kita terkgerak dengan makanan yang luar biasa enaknya walaupun sebenarnya itu makanan biasa-biasa saja.
Dari segi kepuasan lidah sudah terjawab. Dari segi kenikmatan bathin, hemat saya, adalah ketika kita makan bersama. Hal ini pertama kualami di pesantren, dimana satu lengser makanan dikeroyok 5-6 orang. Satu lengser bersama menarik suatu kenikmatan yang tak hanya di lidah semata, namun juga kenikmatan bathin. Suatu kenikmatan yang tak mudah didapat walaupun ksekaya apapun orang itu. Jika ingin kedua kenikmatan itu, segeralah untuk mencoba, karena itu merupakan suatu perbuatan yang baik dan murah, namun membutuhkan kerendahan hati dan kecerdasan social yang menjiwa. Selamat mencoba…!!!
Purworejo, 15 Agustus 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: