Indonesia Membutuhkan Tiga Pilar

Suasana Haflah Khataman Akhirus Sanah Ke-33 dan Haul Muassis PP An-Nawawi Berjan

Untuk membangun masyarakat Indonesia damai meskipun plural dari segi suku, etnis dan budaya dibutuhkan tiga pilar. Demikian dikatakan KH. Zuhrul Anam ketika menjadi pembicara pada Pengajian Umum dalam rangka Khataman Akhirus Sanah ke-33 PP An-Nawawi dan Haul Muassis pondok tersebut, Senin,(18/07).

“Iman, Islam dan Ihsan yang kemudian ter-representasi melalui ilmu Teologi(tauhid), Fiqh, dan Tasawuf(akhlak) adalah ilmu penting untuk menjawab pelbagai problematika dewasa ini” tandasnya. “Santri harus menguasai ketiga-tiganya agar memahami Islam secara komprehensif dan pondok An-Nawawi memili tiga pilar tersebut” imbuhnya.
Menurut Ketua Panitia Ahmad Abdul Fatah, Acara yang digelar di Halaman PP An-Nawawi tersebut dihadiri ribuan santri, alumni dan jamaah thariqah Qodiriyyah wan Naqsyabandiyyah dari berbagai wilayah baik jawa maupun luar jawa.

“Acara ini merupakan interpretasi dari rasa syukur santri setelah setahun belajar ilmu agama di pesantren dan memohon doa restu kepada ulama dan masyarakat agar bermanfaat lmunya untuk agama, bangsa dan Negara.” Ungkap Fatah, panggilan akrabnya. Selain itu, masih menurut Fatah, acara tersebut juga sebagai wahana silaturahmi santri, alumni, pejabat pemerintah dan masyarakat umum.
Dalam sambutanya, KH. Achmad Chalwani selaku pengasuh mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para tamu yang hadir dalam acara tersebut. “ Kami atas nama keluarga besar PP An-Nawawi berterima kasih sekali kepada hadirin yang hadirin yang telah mendoakan santri-santri. Semoga mereka bermanfaat untuk agama, bangsa dan Negara dalam bingkai akidah ahlussunnah wal jamaah” ungkapnya.
Hadir dalam acara tersebut antara lain Drs H Muhammad Adnan MA, Ketua PWNU Jawa Tengah, Bupati Purworejo Drs H R Mahsun Zein MSI, KH Abdullah Syarqowi, Ketua MUI Kab. Purworejo dan beberapa tokoh lain. Pengajian tersebut merupakan puncak acara yang diselenggarakan panitia semenjak seminggu sebelumnya berupa pagelaran kesenian tradisional, bakti social berupa khitanan massal dan mujahadah shalawat bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dari Solo.

Reporter: Ahmad Naufa

Iklan

One thought on “Indonesia Membutuhkan Tiga Pilar

Add yours

  1. Dik Naufa aku temenya mas imdad aku mau tanya itu lagu backgraund di youtube siapa aja yang nyanyi? tolong kasih tau judul dan penyanyinya atau belikan terus titipin mas imdad ntar tak balikin uangnya hehehe, makasih ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: