Purworejo – Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) An Nawawi Pondok Pesantren An Nawawi Berjan Gebang Purworejo sejak dua terakhir mulai mengembangkan layanannya. Bukan sekedar mendampingi umat dalam melaksanakan ibadah haji, tapi juga membuka layanan pemberangkatan ibadah umrah ke tanah suci.

Meski baru dua tahun dibuka, tapi layanan umrah KBIH An Nawawi ini mulai diminati umat Islam, bukan hanya di Kabupaten Purworejo saja, tapi juga dari kabupaten/kota lainnya di wilayah eks Karesidenan Kedu.

Pembimbing KBIH An Nawawi yang sekaligus pengasuh pesantren itu, KH Achmad Chalwani kemarin mengungkapkan, program umrah itu bagian dari pelayanan yang diberikan KBIH An Nawawi kepada ummat.

Lebih lanjut disebutkan, layanan umrah itu semakin diminati lantaran bukan sekedar umrah yang ditawarkan, tapi umrah plus dengan kegiatan ziarah-ziarah ke makam para wali yang sangat berpengaruh dalam dunia Islam.

“Kami hanya memberangkatkan rombongan umrah sekali dalam setahun menjelang bulan Rajab. Rombongan kedua akan diberangkatkan 24 Mei. Di samping umrah dan ziarah ke makam Nabi Muhammad, juga ziarah ke makam para wali di Baghdad,” paparnya.

Antara lain ke makam Syekh Abdul Qodil Al Jailani (pengarang kitab Manaqib), Imam Abu Hanifah, Imam Musa Al Kadzim, Imam Hasan Basri, Imam Ma’ruf Al Karhi, Imam Sirri Assaqothi, dan makam auliya’ yang lain. “Kami juga berencana ziarah ke makam cucu nabi Sayyidina Husain,” katanya.

Disebutkan KH Achmad Chalwani, tahap pertama tahun lalu KBIH An Nawawi memberangkatkan 12 orang dengan ziarah ke Mesir. Kali ini memberangkatkan 34 orang. Jamaahnya dari kalangan pejabat, pengasuh pesantren, pedagang, petani, dan juga pengusaha dari Purworejo, Magelang, Kebumen, dan Wonosobo.

Beberapa yang turut serta dalam rombongan kedua ini antara lain Bupati Purworejo Drs H Mahzun Zain MAg dan Pengasuh Pesantren Mambaul Hisan Meteseh Magelang KH Choirul Muna atau akrab disapa Gus Muna.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada ummat. Pendampingan tidak hanya menjelang dan selama pelaksanaan saja, tapi untuk menjaga keistiqomahan, setelah pelaksanaan ibadah juga akan terus kami dampingi,” tandasnya.

(Sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/haji/haji_news/2011/05/20/86157/Layanan-Umrah-Plus-An-Nawawi-Makin-Diminati)