Menyoal Hari Santri Nasional

1 Muharram diisukan mau dijadikan Hari Santri Nasional??? Saya santri. Dan saya tidak setuju. Apalagi ikut terhipnotis!
1 Muharram selama ini diperingati sebagai napak tilas Hijrah baginda nabi dari Makkah ke Yastrib.
Hijrah merupakan momentum yang penting bagi Islam, karena dari sanalah tonggak kejayaan, kemakmuran dan peradaban besar lahir yaitu Negara Madinah.

Ijma’ sahabat Umar ra, Ali ra, dkk menggunakan Hijrah nabi sebagai awal perhitungan kalender Islam, karena ia adalah tonggak. Bukan dari lahir nabi (karena semua manusia juga terlahir) atau bulan dari wafat beliau (karena semua manusia juga pasti mati)
Hijrah dari akar kata Hajara, yang berarti meninggalkan yang buruk menuju yang baik. Buruk bisa dalam artian tempat atau kondisi. Waktu nabi alasannya bukan karena tempat tapi kondisi, selain karena instruksi langsung dari Allah SWT. Hijrah juga bisa dilakukan seluruh muslim.

Memperingati Hijrah Nabi yang agung itu adalah hak semua umat Islam di seluruh dunia: entah yang santri, abangan, Islam KTP, setengah kejawen atau apapun yang jelas sudah bersyahadat.

Kalau 1 Muharam dimonopoli oleh kalangan santri saja, dengan memperingati sebagai hari santri, itu hanya akan mengebiri Hijrah sebagai peristiwa agung dalam sejarah umat manusia tentang keteguhan mempertahankan iman.

Kalau memang mau berpihak kepada santri, tak perlu memberi lipstik hari sebagai ajang euforia: tapi buatlah kebijakan yang pro-pesantren. Pesantren itu butuhnya yang riil, setelah 32 tahun orde baru dimarjinalkan. Lembaga pendidikan tertua nusantara ini diasingkan, padahal saat penjajah datang, pesantrenlah yang di garda depan.

Ini asumsi saya dan anda berhak tidak setuju!
Selamat pagi. Selamat Tahun Baru Islam 1436 Hijriyyah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: