RA Kartini dan Kebaya

Aku juga nggak tahu mengapa, Ibu Kartini dimana-mana diperingati dengan formalitas peragaan kebaya? Apa hubungannya Kartini dengan kebaya? Belum banyak OKP, aktivis dan terutama kaum wanita yang mengkaji kehidupan, pemikiran serta perubahan sosial yang ditimbulkan oleh tulisannya.

Ada yang beropini sekolah Kartini mereduksi peran aristokrat Jawa, serta relasi kaum lelaki-wanita. Belakangan, ia juga diigaungkan sebagai pelopor feminisme oleh para pegiat kesetaraan gender dan merusak stratifikasi sosial yang ada.

Disisi lain, fakta sejarah juga mengabarkan bahwa gadis Jepara itu adalah murid Kyai Sholeh Darat, Semarang, seorang ulama besar di Jawa. Bahkan, Kartini lah yang meminta gurunya itu untuk menerjemahkan Al-Quran dalam bahasa Jawa. Konon, usai membaca salahsatu ayat dalam kitab suci: minaddhulumati ilannur, ia terinspirasi menulis: habislah gelap terbitlah terang.

Pernikahannya dengan Adipati Rembang juga masih misteri. Konon, ia dijodohkan atas skenario penguasa Hindia-Belanda agar terbunuh nalar kritis dan pergerakannya. Mengingat dahulu di Jawa, salahsatu cara ampuh untuk menghabat laju kritis wanita adalah dengan menidurinya di ranjang lalu terbelenggulah segenap daya.

Bagaimana dengan wanita-wanita sekarang? Apakah masih sibuk dengan dirinya atau sudah mampu menjadi Kartini-Kartini baru yang dalam umur remaja sudah berjuang untuk bangsanya?

Maaf, sekali lagi ini belum dan memang tak akan menjawab mengapa Kartini diperingati dengan kontes kebaya. Semoga suatu saat aku bisa menemukan jawaban dan signifikansinya.

Selamat Hari Kartini, untuk wanita-wanita Indonesia…!!!

Purworejo, 21 April 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: